Home | Bisnis | Apa Benar Ada Bisnis Online Gratis Tanpa Modal?
Apa Benar Ada Bisnis Online Gratis Tanpa Modal?

Apa Benar Ada Bisnis Online Gratis Tanpa Modal?

Bagi anda yang sedang membaca halaman ini mungkin anda sedang mencari informasi mengenai bisnis online tanpa modal (gratis). Namun selama pengalaman saya menjadi seorang Business-man online tidak ada bisnis online yang dijalankan tanpa mengeluarkan modal materiil. Sebagian orang mungkin akan berfikir dan beragumen “Ah masa sih, setahu saya banyak bisnis online yang bisa dijalankan tanpa modal materiil” bukan begitu? Kenapa saya bisa tahu karena sebelum menjadi seorang Business-man online saya juga pernah berargumen seperti tersebut, namun kini argumen itu telah berubah seiring dengan pengalaman saya dibidang bisnis online, dan akhirnya saya berargumen “tidak ada bisnis online yang bisa dijalankan tanpa modal materiil sama sekali”.

Ketika kita sedang mendengarkan atau membaca sebuah informasi mengenai bisnis internet tanpa modal, ada beberapa hal yang sering kita lewatkan atau terlupakan. Contohnya seperti program PTC (Paid To Click) dan program lainnya. Memang benar banyak sekali program bisnis online yang bisa kita ikuti secara gratis dan juga tanpa mengeluarkan modal di awal. Namun saat kita mulai menjalankan bisnis itu, justru kita didesak untuk mengeluarkan modal. Jadi intinya, saat pendaftaran kita memang tidak dipungut biaya apapum namun saat menjalankannya akan membutuhkan modal yang diperlukan. Jadi saya lebih setuju jika bisnis online bisa dijalankan mulai dari modal kecil.

Setelah saya mengumpulkan data di Google Adword : Keyword Planner, saya dapat menyimpulkan bahwa banyak sekali para netter yang mencari info mengenai bisnis online gratis tanpa modal. Dan hasil pencarian yang berada dihalaman utama Google untuk kata kunci tersebut sungguh mengagetkan saya, karena semuanya hampir diisi oleh situs – situs atau website yang menawarkan program PTC yang menurut saya hanya buang – buang waktu saja.

Menurut saya program PTC atau Paid To Click tidak bisa dikatakan sebagai bisnis yang bisa menjanjikan, apalagi yang namanya bisnis online gratis tanpa modal. Saat pendaftaran memang gratis namun saat kita menjalankannya, kita akan menghabiskan waktu dan uang untuk biaya internet hanya untuk mengklik iklan – iklan yang berada di website ptc itu, dan itu hanya membuang waktu kita yang berharga yang bisa kita gunakan untuk yang lebih baik atau wasting time.

BOL

Menurut anda mengapa saya bisa berargumen demikian? Saya akan menjelaskan beberapa bisnis online yang biasa dijalankan para pebisnis online, dan mengapa bisnis online itu tidak ada yang gratis :

1. PPC (Pay Per Click)

Program PPC atau Pay Per Click merupakan program untuk para publisher atau mereka yang mempunyai sebuah website atau blog. Kita akan mendapat bayaran dari penyelenggara program PPC ini, jika para pengunjung di website atau blog kita mengklik iklan yang terdapat di blog tersebut. Tentu saja kita sebagai pemilik blog atau website tidak diperboleh mengklik iklan yang terdapat diwebsite atau blog kita karena akan merugikan pihak pengiklan.

Program ini cukup menguntungkan untuk kita, dimana kita bisa mengembangkan website / blog kita, dan juga kita bisa mendapatkan uang dari situs yang kita kelola tersebut. Itulah mengapa program ini menurut saya merupakan salah satu jenis bisnis yang cukup menjanjikan. Banyak perusahaan yang menyediakan program PPC ini diseluruh dunia bahkan indonesia seperti : Adsensecamp.com, Bidvertiser.com, Chitika.com, Kliksaya.com, Kumpulbloger.com, Sitti.co.id, dan salah satu program PPC yang paling banyak digunakan publisher ialah Google Adsense. Perusahaan pusat ini berada di Amerika Serikat, tetapi karena banyaknya publisher diseluruh penjuru dunia yang menggunakannya, akhirnya perusahaan tersebut berkembang keseluruh manca negara termasuk indonesia.

Kebanyakan orang berfikiran membuat website/ blog itu memang terkesan sulit dan mahal, padahal sebenarnya tidak sesulit dan semahal. Namun setelah anda membuat website dan ingin membangun sebuah bisnis online untuk jangka panjang, maka program PPC adalah salah satu yang harus Anda pertimbangkan. Namun, Anda harus mulai membangun website/ blog untuk bisa mendaftar menjadi publisher PPC.

2. PTS (Paid To Survey)

Program PTS adalah program pengisian angket atau survey yang diberikan oleh pihak penyelenggara yang tujuannya untuk mendapatkan gambaran mengenai sebuah produk, jasa, atau sebuah website dari masyarakat secara online. Kita akan dibayar jika kita mengisi angket / survey diprogram ini oleh pihak penyelenggara.

Menurut saya ini bukan bisnis online tanpa modal, karena walaupun pendaftarannya gratis namun kita harus menyisihkan waktu untuk mengisi survey online, dan juga kita harus mengeluarkan uang untuk membayar koneksi internet yang kita gunakan untuk mengisi angket tersebut.

Program ini memang mudah dilakukan dan biasanya tidak butuh waktu terlalu lama. Namun, jika kita bicara tentang sebuah bisnis untuk jangka panjang, maka program PTS bukanlah pilihan yang tepat. Anda memang bisa mendapatkan uang dari program ini, tapi tidak banyak dan survey yang bisa diisi juga terbatas.

3. PTC (Paid To Click)

Program PTC ini sebenarnya bukan bisnis online yang sesungguhnya dan menurut saya ini sangat cocok bagi anda yang ingin iseng mencoba. Karena program PTC ialah sebuah program dimana kita harus mengklik iklan yang disediakan oleh penyelenggara program PTC dan kita harus melihat situs yang kita klik iklannya miniman 30 detik. Jiki dilihat sekilas memang terkesan mudah dan bisa memberikan uang tanpa harus bekerja keras atau tanpa modal, namun kenyataannya kita tetap harus membayar biaya koneksi internet atau warnet, dan membuang waktu yang tidak sebentar.

Selain itu uang yang kita dapatkan dalam mengklik satu iklan juga sangatlah murah, dan tidak sebanding dengan waktu yang telah kita habiskan. Jadi menurut saya program ini hanya sebuah program yang membuang – buang waktu saja. Untuk anda yang ingin berbisnis online yang sesungguhnya, sebaiknya jangan pilih PTC. Namun bagi yang hanya ingin iseng membuang waktu, silahkan mencoba mengikuti program PTC.

3. Dropshipping

Mungkin anda pernah mendengar atau menjalankan Dropshipping, adalah sebuah teknik pemasaran secara offline dan online dimana sipenjual tidak menyetok produk yang akan dijual, dan ketika terjadi pembelian, penjual akan meneruskan detail order produk dan alamat si pembeli tersebut kepada produsen / supplier. Namun bukan berarti anda tidak mengeluarkan material sepeserpun. Untuk menjalankan bisnis dropship secara online tentunya Anda harus punya koneksi internet, ini salah satu cost yang harus Anda keluarkan secara rutin. Selain itu, bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis dropship lebih profesional biasanya akan membangun sebuah website untuk memajang display barang yang dijual. Tentu saja ini adalah cost juga yang harus dikeluarkan, jadi tidak bisa benar-benar gratis atau modal dengkul hehehe.

4. Menyediakan Jasa

Usaha online sediakan layanan terdapat beberapa kita dapatkan di internet. Salah satu yang kerap saya dapatkan yaitu layanan bikin situs, layanan pemasaran online, layanan SEO, serta ada banyak yang lain. Umumnya usaha sediakan layanan online ini disiapkan oleh mereka yang mempunyai ketrampilan atau keunggulan spesial yang tidak sering dipunyai orang lain.

Beberapa pemakai layanan umumnya yaitu mereka yg tidak mempunyai kekuatan untuk lakukan hal spesifik, atau dapat pula lantaran tak mempunyai waktu senggang untuk mengerjakannya. Usaha online penyedia layanan tentu mesti keluarkan cost untuk mempromosikan usaha mereka dengan cara online maupun off line. Diluar itu, cost operasional usaha ini yang pasti ada.

5. PPS (Pay Per Sale)

Program PPS yaitu program di mana kita bakal dibayar bila kita sukses jual suatu product/layanan/membership, pada orang lain. Besarnya komisi yang diperoleh oleh publisher PPS sangatlah bermacam, bergantung persentase yang didapatkan oleh pihak penyelenggara program PPS.

Sama seperti dengan program PPC, umumnya untuk jadi publisher program PPS kita mesti mempunyai suatu situs atau situs (blog). Lewat situs/situs (blog) itu kita dapat pasarkan beberapa produk yang di jual oleh pihak penyelenggara PPS. Tiap-tiap publisher diberikan link affiliate, serta saat seorang beli product dari link affiliasi itu jadi publisher bakal memperoleh duit. Sebagian program PPS yang sangatlah populer yaitu Amazon. com, ClickBank. com.

Rangkuman :

Sebagian type usaha online yang dijelaskan diatas yaitu type usaha online yang kerap dikerjakan oleh pebisnis online. Dari penjelasan dari ke lima type usaha online itu, tak ada satupun yang dapat digerakkan tanpa ada modal sekalipun. Seluruhnya perlu modal, materiil serta non materiil. Jadi, mulai saat ini kita mesti merubah mindset bahwa usaha online gratis tanpa ada modal itu ada. Intinya, tak ada satupun usaha online yang dapat ditangani tanpa ada modal sekalipun.

Dalam pilih usaha online, sangatlah utama untuk mengerti potensi diri serta potensi yang ada di seputar kita. Tak perlu terlampau tergesa-gesa dalam memutuskan untuk menggerakkan suatu usaha online. Kerjakan apa sebagai keunggulan kita, serta optimalkan sebaik-baiknya. Tiap-tiap orang pasti memerlukan sistem dalam menggerakkan usaha onlinenya, karenanya janganlah gampang putus harapan serta terus kerjakan yang terbaik. Terimakasih telah membaca artikel saya 🙂