Home | Bisnis | Kenyataan Perihal Usaha Online Yang Tak Di ketahui Banyak Orang
Kenyataan Perihal Usaha Online Yang Tak Di ketahui Banyak Orang

Kenyataan Perihal Usaha Online Yang Tak Di ketahui Banyak Orang

Bisnis Online, mungkin saat ini hampir semua masyarakat sudah mengerti secara umumnya. Bisnis online adalah salah satu peluang yang menawarkan solusi dalam memiliki sebuah usaha. Memiliki bisnis yang kita jalani sendiri dan memberikan penghasilan rutin setiap bulannya merupakan kepuasan tersendiri, karena ini merupakan mimpi dari hampir semua orang, tak luput juga saya.

Bisnis online adalah solusi terbaik bagi mereka yang sudah berhasil didalam bisnis ini. Selain itu yang sudah berhasil di bisnis online tidaklah sedikit, mereka sudah memiliki penghasilan yang cukup memuaskan dari bisnis online mereka. Karena mudah untuk dijalankan kapan saja dan dimana saja. Benarkah demikian?

Bagi orang yang sudah mengalami bisnis ini mungkin akan ada yang mengatakan bisnis online dapat memberikan penghasilan besar dengan cepat, mudah, dan santai, namun perlu saya tekankan bahwa itu tidak semuanya benar. Untuk menjadi sukses saat menjalankan bisnis online bisa dikatakan gampang – gampang susah. Yang penting saat menjalankan bisnis ini anda sudah mengerti teknik dan strategi yang baik dan benar.

Menurut pengamatan saya, ada banyak sekali para pemula yang sangat berambisi dalam menjalankan bisnis online ini. Kita ambil contohnya seorang sahabat saya, dia selalu berkata “wah enak banget lu ya, kerja santai diruma terus dapet kiriman uang dari USA tiap bulan”. Lalu beberapa waktu kemudian dia berkata “ Ajarin gua dong, gua juga pengen sukses dari bisnis online kayak lu”. Saya tahu bahwa sahabat saya ini tidak tahu bagaimana saya memulai bisnis online ini. Karena faktanya, bisnis online itu tidak semudah yang dibayangkan banyak orang, dan tidak sesantai yang dipikirkan orang.

Fakta-Unik-Bisnis-Online-yang-Tidak-Diketahui-Banyak-OrangBanyak orang yang bisa sukses dalam melakukan bisnis online mereka, namun kenyataannya banyakan dari mereka gagal. Sebenarnya bisnis online ini hampir sama dengan bisnis konvensional, membutuhkan kesabaran, effort, dan keseriusan dalam menjalankannya. Untuk bisa berhasil di dalam bisnis online itu membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar, tidak seperti yang sering kita dengar dan baca.
Ada beberapa hal yang dilewatkan oleh para pemula saat menjalankan bisnis online ini. Beberapa orang yang gagal saat menjalankan bisnis ini mungkin akan bangkit dan kembali mencoba namun bagi beberapa orang lainnya, akan mengalami frustasi dan putus asa dengan bisnisnya. Hal yang mereka lewatkan ialah kita harus teliti dan bisa melihat peluang, kelebihan, dan kekurangan dari bisnis online yang akan mereka jalani. Dan ini sangatlah penting saat menjalankan bisnis ini. Karena kita bisa mengantisipasi terjadinya kegagalan dengan lebih bijak. Namanya juga bisnis, resiko kegagalan sudah didepan mata, inilah yang harus kita mengerti saat akan memulai start. Jadi bagaimana? Siapkah anda menghadapi keberhasilan dan kegagalannya? Untuk itu berikut ini saya akan memberi beberapa fakta mengenai bisnis online yang harus kita pahami.

1. Bisnis Online Butuh Kerja Keras dan Pikiran Yang Cerdas

Seperti yang kita ketahui dan saya jelaskan sebelumnya, menjalankan bisnis online membutuhkan kerja keras. Jika kita melihat seseorang yang menjalankan bisnis onlinenya dengan santai, itu berarti mereka sudah melalui banyak tahapan belajar yang memakan waktu yang sangat lama dan juga melewati berbagai rintangan. Tentunya bagi pemula yang baru belajar dan baru memulai anda harus bekerja keras dan memiliki pikiran yang cerdas dalam membangun bisnis online mereka.

Agar bisa menjalankan bisnis internet dengan baik tentunya kita harus punya pengetahuan yang memadai tentang bisnis online. Proses belajar dan juga pengalamanlah yang bisa memberikan itu semua, ilmu internet marketing itu tidak bisa dikuasai hanya dalam satu-dua malam saja, itu mustahil walaupun Anda seorang yang jenius.

2. Bisa Menjadi Jutawan atau Miliarder dari Bisnis Online

Kabar gembira untuk semua orang yang ingin menjalankan bisnis online. Karena semua orang punya kesempatan untuk sukses dan menjadi miliyarder dari bisnis online. Banyak orang yang sukses besar dari bisnis ini seperti contohnya Andrew Darwis (pemilik Kaskus.co.id), Hendrik Tio (pemilik Bhineka.com), Budiono Darsono (pemilik Detik.com), Anne Ahira (pemilik AsianBrain.com), dan masih banyak lagi.

3. Membutuhkan Modal Materiil Dan Non Materiil

Kita juga harus tau bahwa modal yang kita perlukan dalam menjalankan bisnis ini adalah modal materiil dan non materiil. Modal yang paling penting disini menurut saya ialah non materiil, yaitu diri kita sendiri, kita harus memiliki niat, keyakinan, dan juga keinginan yang kuat dalam memulai bisnis online. Kita harus inovatif, mau bekerja keras, konsisten dan persisten, kreatif dan pantang menyerah.
Selain itu modal secara materiil juga yang terpenting kedua. Yang namanya menjalankan sebuah bisnis tentunya kita tak akan luput dari yang namanya modal materiil baik itu bisnis konvensional maupun bisnis online. Di dalamb bisnis online tentunya dalam menjalankannya membutuhkan koneksi internet, dan koneksi internet ini haruslah dibayar. Walaupun tidak terlalu besar, namun ini harus ikut diperhitungkan sebagai modal yang kita keluarkan.

Bila kita tak mempunyai piranti untuk menggerakkan usaha online, seperti PC/laptop serta modem internet, kita dapat menggerakkan usaha online dari warnet (warung internet). Tetapi, yakinkan Anda dapat melindungi keamanan seluruhnya account Anda di internet. Nah, dari sini kita telah dapat lihat bahwa usaha online itu pasti perlu modal materiil. Jadi, janganlah yakin dengan bhs marketing jualan e book yang katakan usaha online itu dapat digerakkan tanpa ada modal sekalipun dengan kata lain modal dengkul.

4. Usaha Online Dapat Ditangani Siapa Saja

Salah satu keunggulan usaha online yaitu bisa ditangani oleh siapapun. Saat saya melamar di perusahaan tempat saya dahulu bekerja, dalam wawancara mereka bertanya ijazah kuliah saya, nilai indeks prestasi saya, apa nama universitas saya, serta pengalaman kerja. Ini memanglah prosedur yang perlu kita lewati bila mau bekerja didunia kantoran.

Namun hal semacam ini tak berlangsung dalam dunia usaha online, lantaran siapapun dapat mengerjakannya tanpa ada mesti mempunyai pendidikan resmi yang tinggi. Yang paling utama dalam usaha online yaitu usaha keras serta cerdas, tekad selalu untuk belajar, serta mempunyai semangat juang yang tinggi. Hari ini mungkin saja Anda yaitu seseorang pemula yang masih tetap baru belajar, namun mungkin saja saja satu tahun lebih ke depan Anda bakal jadi seseorang pakar dalam dunia internet marketing.

Saya tak menyampaikan bahwa pendidikan resmi itu tak utama. Yang ingin saya tekankan yaitu kebanyakan orang dapat sukses di usaha online bila mereka bersungguh-sungguh, tak peduli apa latar belakang pendidikannya lantaran terdapat beberapa type usaha online yang dapat ditangani.

5. Bisnis Online Butuh Waktu

Sama seperti yang saya katakan diatas, selain memerlukan kerja keras juga membutuhkan waktu, jika anda pernah melihat, yang berjualan ebook yang mengatakan bisnis online itu bisa berhasil dalam waktu singkat saya tegaskan untuk berhati – hati karena itu bahasa marketing yang berujung penipuan atau SCAM.
Jika anda memang benar – benar serius membangun usaha online anda sendiri, maka anda harus menganggapnya sebagai investasi yang berjangka panjang. Memang ada beberapa bisnis online yang bisa menghasilkan keuntungan dalam waktu yang relatif singkat, namun tidak semua jenis bisnis online seperti itu. Salah satu contoh adalah forum kaskus yang dibangun oleh Andrew Darwis dan sahabatnya Ken Dean Lawadinata. Proses keberhasilan forum terbesar di Indonesia ini membutuhkan waktu hingga beberapa tahun sampai akhirnya bisa seperti sekarang ini.

Jadi bagaimana kesimpulan anda setelah membaca fakta – fakta mengenai bisnis online yang sudah saya jelaskan diatas? Apakah anda sudah siap untuk memulai bisnis online anda sendiri? Bisnis ini memang menawarkan keuntungan yang sangat menggiurkan, namun juga memiliki resiko tersendiri, ya walaupun tidak sebesar resiko di bisnis konvensional. Selain itu, bisnis ini juga bisa dijalankan secara otomatis, 24 jam sehari dalam seminggu. Maka keuntungan yang dapat diraup lebih besar dibanding bisnis offline. Namun, bukan berarti Anda bisa menganggap ini adalah sesuatu yang mudah karena untuk menjadi seorang pebisnis online itu membutuhkan waktu, harus tekun belajar, dan tidak mudah menyerah.