Home | Info Wisata | Begini Cara Memeperpanjang Paspor Secara Online Ataupun Offline
Begini Cara Memeperpanjang Paspor Secara Online Ataupun Offline

Begini Cara Memeperpanjang Paspor Secara Online Ataupun Offline

Ada banyak hal yang memang harus kita persiapkan saat akan pergi keluar negeri. Selain kita memang harus menyiapkan tiket pesawat ke negara tujuan, kita juga pastinya harus mengetahui negara tersebut sedang musim apa. Supaya nantinya anda pun bisa lebih mudah lagi dalam menyiapkan berbagai macam hal yang dibutuhkan. Namun ternyata tak hanya sekedar menyiapkan barang bawaann atau tiket saja. Tapi ketika anda akan pergi ke luar negeri, tentunya jangan lupa untuk membawa dokument penting lainnya juga. Salah satunya yang harus dan wajib anda bawa kemana saja saat pergi ke luar negeri adalah paspor.

Benar sekali apapun negara tujuan anda, meski hanya sekedar ke negara tetangga seperti singapura atau malaysia, yang namanya paspor ini wajib untuk anda bawa. Karena paspor sendiri merupakan dokument yang berisikan identitas pribadi anda, yang nantinya akan menjadi identitas anda pula selama berada di negara tersebut. Jadi jika memang akan berencana untuk pergi keluar negeri, baik itu untuk pergi berlibura, beribadah, atau masalah pekerjaannya, jangan lupa kalau anda harus memiliki paspor terlebih dahulu. Sebab jika anda sendiri tidak memiliki paspor, tentu saja yang ada malah nantinya anda tidak akan bisa datang kenegara tujuan. Kalaupun bisa anda akan di nilai sebagai imigran gelap dan bisa di deportasi dari negara tersebut.

Sebenarnya untuk bisa membuat paspor pun tidaklah terlalu sulit. Asalkan terlebih dahulu anda sudah mengetahui prosedur ataupun persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat paspor tersebut. Berikut ini merupakan beberapa langkah atau cara membuat paspor yang bisa anda simak, diantaranya yaitu :

  1. Langkah pertama adalah anda bisa menyiapkan berkas atau dokument yang dibutuhkan untuk proses pembuatan paspor.
  2. Dokument yang dibutuhkan adalah E-ktp, Ijazah terakhir, surat baptis, buku nikah , akte kelahiran, bawalah yang asli dan juga yang sudah di fotocopy. Namun anda bisa memilih salah satu dokument tersebut. Tapi memang tidak ada salahnya untuk menyiapkan semua berkas yang ada sala.
  3. Jangan lupa juga membawa Kartu keluarga yang asli dan fotocopy
  4. Setelah semua berkas atau dokument telah anda siapkan, maka anda bisa langsung menuju ke kantor imigrasi terdekat dengan pakaian rapi. Sebaiknya agar tidak terlalu lama mengantri, datanglah pada pagi hari. Terlebih lagi kuota pemohon pun dibatasi setiap harinya hanya 200 orang saja.
  5. Anda bisa langsung mengambil nomor antrian, dan mngisi formulir yang sudah disediakan
  6. Setelah itu tunggu hingga nomor antrian anda di panggil
  7. Barulah anda bisa menyerahkan berkas pada petugas, dan mengikuti yang namanya sesi pengambilan sidik jari , foto dan yang terakhir adalah sesi wawancara. Pada sesi wawancara ini sangat penting sekali, dan anda juga harus menjawab jujur semua pertanyaan yang telah di ajukan.
  8. Lalu anda bisa membayar biaya pembuatan paspor di bank yang telah di tuju
  9. Paspor bisa anda ambil 3 hingga 4 hari pada jam kerja setelah anda melunasi biaya pembayaran dengan membawa bukti pembayaran tersebut.

Bagaimana, mudah sekali bukan untuk proses membuat paspor ini. Jadi anda juga bisa mengurus semuanya sendiri ketimbang menggunakan jasa  atau calo yang memang harganya sendiri jauh lebih mahal. Untuk masalah biaya, berikut rincian dari biaya pembuatan paspor, diantaranya yaitu :

 

  • Biaya untuk membuat paspor biasa 24 halaman adalah Rp.200.000
  • Biaya untuk membuat paspor biasa 24 halaman yang rusak adalah Rp.100.000
  • Biaya untuk membuat paspor biasa 24 halaman yang hilang adalah Rp.200.000
  • Biaya untuk membuat paspor biasa 48 halaman adalah Rp.300.000
  • Biaya untuk membuat paspor biasa 48 halaman  yang rusak adalah Rp.300.000
  • Biaya untuk membuat paspor biasa 48 halaman yang hilang adalah Rp.600.000
  • Biaya untuk Jasa penggunaan teknologi sistem penerbitan paspor berbasis biometrik adalah Rp.55.000

Jadi anda bisa memperkirakan berapa biaya yang nantinya harus anda siapkan untuk membuat paspor ini. Namun yang perlu anda ingat, yang namanya paspor juga ternyata memiliki masa berlaku, untuk paspor biasa 48 halaman masa berlakunya adalah 5 tahun, sedang paspor biasa 24 halaman masa berlakunya yaitu 3 tahun. Begini Cara Memeperpanjang Paspor Secara Online Ataupun Ofline yang akan kami bagikan untuk anda.

 

  • Perpanjang paspor online
  • Anda bisa langsung masuk ke situs resmi imigrasi di http://www.imigrasi.go.id/. Kemudian pilih menu layanan publuk, layanan paspor online. Setelah itu pilih tabel pra permohonan personal, dan anda bisa memilih jenis permohonan. Isilah form yang sudha disediakan.
  • Selanjutnya anda bissa mengisi form pembayaran. Nantinya anda akan mendapatkan email yang berisikan surat pengantar untuk melakukan yang namanya pembayaran. Nantinya anda harus membayar biaya yang sudah tertera, di tambah dengan biaya administrasi. Anda bisa membawa bukti pembayaran ke kantor imigrasi.
  • Setelah anda sudah melakukan pembayaran ke bank, nantinya anda bisa membuka lagi email yang di terima dari pihak kantor. Nantinya anda bisa mengklik link tersebut yang mengarahkan ke halaman untuk permohonan jadwal wawancara. Anda bisa menentukan hari dan tanggal untuk datang ke kantor imigrasi.
  • Setelah sudah menentukan tanggal dan hari anda bisa menyimpan datanya dan kantor imigrasi akan mengirim email  yang isinya adalah tanda terima permohonan pembuatan paspor. Anda bisa langsung mendownload dan mencetak tanda terima tersebut.
  • Sebelum anda datang ke kantor imigrasi, jangan lupa menyiapkan dokument yang dibutuhkan , seperti Ijazah terakhir, E-ktp, kartu keluarga, surat nikah, akte kelahiran dan paspor lama serta bukti pembayaran.
  • Kemudian mengisi formulir, dan melakukan sesi foto dan wawancara

 

  • Perpanjangan paspor manual
  • Datanglah ke kantor imigrasi sepagi mungkin dengan membawa berkas atau dokument yang dibutuhkan
  • Kemudian mengisi formulit
  • Setelah itu nantinya berkas anda akan di chek dan melakukan seso foto serta wawancara.
  • Melakukan proses pembayaran di bank yang telah di tuju
  • Anda bisa kembali lagi 3 hingga 5 hari setelah melakukan proses pembayaran

 

Mudah sekali bukan cara untuk memperpanjang paspor secara online maupun secara manual. Anda bisa mencobanya langsung sendiri. Karena memang untuk memperpanjang paspor sendiri tidak bisa di wakilkan. Selain itu kalau anda menggunakan jasa dari calo, tentu saja biaya yang nantinya harus dibayar akan lebih mahal lagi. Untuk biaya perpanjang paspor ini adalah Rp.355.000 untuk paspor biasa 48 halaman dan Rp.155.000 untuk biaya paspor biasa 24 halaman. Sebenarnya paspor 48 halaman atau yang 24 halaman ini tidak ada perbedaan, yang membedakan hanya biayanya saja. Semoga info atau ulasan yang sudah kami bagikan mengenai cara untuk memperpanjang paspor ini bermanfaat untuk anda

Jajang Yusup

Internet marketing expert and seo consultant