Home | Otomotif | Tips Tepat Merawat Rem Mobil Agar Tetap Pakem
Tips Tepat Merawat Rem Mobil Agar Tetap Pakem

Tips Tepat Merawat Rem Mobil Agar Tetap Pakem

Rem merupakan salah satu bagian kendaraan yang sangat penting dan mempunyai manfaat yang vital. Apabila rem rusak maka kendaraan tersebut sebaiknya tidak digunakan terlebih dahulu karena akan sangat membahayakan. Sehingga perlu untuk diganti atau diperbaiki sehingga akan tetap aman untuk kendaraan tersebut digunakan kembali. Rem kendaraan umumnya digunakan untuk menghentikan kendaraan sehingga akan sangat berbahaya apabila rem tersebut rusak seperti blong dan tidak bisa digunakan. Kendaraan akan tidak bisa dikendalikan dan melaju tanpa bisa dihentikan dan hal tersebut yang menjadi salah satu penyebab banyak kecelakaan yang terjadi di jalan. Untuk mendapatkan rem yang tetap memberikan fungsi dengan maksimal dan berguna untuk menjaga keselamatan selama berkendara ini, Anda bisa untuk melakukan perawatan pada rem tersebut. Dimana ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk merawat rem mobil seperti car berikut ini:

Tips Tepat Merawat Rem Mobil Agar Tetap Pakem

1. Memperhatikan bagian yang penting

Melakukan perawatan rem mobil agar tetap cakram dan bisa digunakan dengan maksimal, Anda harus memperhatikan bagian yang penting. Seperti perhatikan pada bagian disc break dan juga tromolnya. Selain itu bisa untuk memeriksa bagian saluran rem memeriksa kualitas minyak rem dan juga kampas rem tersebut. Pastikan untuk mengganti dan juga membersihkan minyak rem setelah mobil menempuh jarak 10 ribu km. Selain itu juga perlu untuk memperhatikan bagian-bagian tersebut tidak kosong dengan perbandingan yang tepat antara rem depan dan belakang. Sehingga mendapatkan rem yang tetap cakram dan digunakan dengan sempurna.

2. Memeriksa bagian kampas rem

Melakukan perawatan pada rem mobil selanjutnya adalah dengan memeriksa secara rutin untuk kampas rem mobil. Pastikan kampas rem mobil tersebut masih layak dan mempunyai kondisi yang baik. Cara memeriksa kampas rem ini sendiri sangat mudah yaitu dengan melepaskan roda dan perhatikan bagian disc breaknya. Lepas pegangan kampas rem dan perhatikan apabila perlu untuk dibersihkan dan diganti.

3. Mengolesi pelumas

Dan melakukan perawatan pada rem cakram mobil yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan mengolesinya dengan pelumas. Anda bisa untuk mengolesi pelumas pada bagian besi penahan rem tersebut. Akan tetap perhatikan untuk tidak terkena pada bagian sepatu remnya. Setelah diolesi dengan pelumas, pasang kembali kampasnya sehingga akan memberikan hasil yang lebih maksimal.

Baca juga Sarung Tangan Motor Berkualitas

4. Memeriksa rem secara teratur

Dan cara perawatan yang terakhir untuk bagian rem mobil ini adalah dengan melakukan pemeriksaan dengan teratur. Pastikan untuk tidak lupa memeriksa minyak rem setiap dua minggu sekali dan juga harus melakukan pergantian dengan teratur. Sehingga rem akan tetap nyaman digunakan dan memberikan manfaat yang maksimal untuk menjaga keselamatan Anda ketika berkendara. Selain itu juga ganti kampas rem ketika telah digunakan dalam jarak 20 ribu hingga 25 ribu km untuk memberikan hasil yang terbaik.

kerja online asyik setiap hari kumpul sama keluarga di rumah