Home | SEO | Cara Membuat Anchor Text Yang Aman Dan Berkualitas
Cara Membuat Anchor Text Yang Aman Dan Berkualitas

Cara Membuat Anchor Text Yang Aman Dan Berkualitas

Anchor text merupakan salahsatu paktor penentu untuk kata kunci yang ditargetkan memiliki ranking yang baik di mesin pencari.Anchor text adalah text yang digunakan oleh sebuah url ketika membuat link baik pada artikel,komentar dan juga blogrol.Pada dasarnya sebuah url (live link) dengan menggunakan anchor text apa saja itu tidak masalah selama anchor text dimengerti pengguna serta url tersebut hidup (tidak broken link).Namun jika Anda memiliki tujuan untuk menargetkan sebuah halaman dengan kata kunci tertentu memiliki ranking bagus di mesin pencari,sebaiknya penggunaan anchort text ketika membangun backlink harus diperhatikan.

Contoh anchot text untuk kepentingan optimasi SEO

<a href=”http://konsultaninter.net/”>konsultan internet marketing</a>

Kode html diatas akan menghasilkan sebuah link dengan anchor tex yang bertuliskan “konsultan internet marketing” dan ketika di klik akan menuju ke sini http://konsultaninter.net/ .

Jika sebelum jaman google panda dan penguin,rumusnya semakin banyak backlink dari luar dengan anchor tex keyword yang ditargetkan,hasilnya bagus banget.Namun sekarang bukan jamannya lagi.membangun backlink dari luar untuk sebuah url dengan anchor tex itu itu saja hanya akan menyebabkan url tersebut kena pinalti google.

Berikut dibawah ini adalah persentase anchor tex yang benar ketika membangun backlink untuk url atau domain tertentu versi saya.

Exact Match – 12% backlink anda harus mengandung exact match anchor text (contohnya – jika saya mempunyai website http://konsultaninter.net/ dimana exact match adalah konsultan internet marketing, maka 12% dari total backlink yang saya lakukan harus mengandung kata “konsultan internet marketing”)

Phrase – 13% backlink harus mengandung exact match anchor text yang ditambah dengan beberapa kata yang lain. (Contohnya – konsultan internet marketing indonesia,konsultan seo,belajar internet marketing,kursus internet marketing dll)

Brand Name – 17% dari backlink yg dibangun harus mengandung brand name atau nama domain. (Contoh – konsultan internet, konsultan internet marketing jakarta)

Branded – 6% dari backlink harus mengandung brand name ditambah kata-kata lain yang tidak mengandung keyword (Contoh – situs konsultasi internet marketing terpercaya konsultaninter.net , konsultaninter.net tempat kursus internet marketing)

Keyword Branded – 12% dari backlink anda harus mengandung brand name ditambah keyword. (Contoh – cari bisnis online konsultaninter.net, konsultaninter.net tempat belajar bisnis online)

Generic Anchor Text – 15% dari backlink anda harus mengandung generic anchor texts. (Contoh – sumber artikel, baca selengkapnya, informasi lebih lanjut,dan lain-lain)

Naked URL – 25% backlink harus mengandung url website anda. (Contoh – www.konsultaninter.net, konsultaninter.net, cara bisnis online – konsultaninter.net, konsultaninter.net).

Cara membuat anchor text tidak harus sama persis dengan persentase diatas.Setiap pakar SEO meliki tehnik dan persentase yang berbeda.

Semoga bermanfaat.

Jajang Yusup
Internet marketing expert and seo consultant