Home | Social Media | Kiat Sukses Memasarkan Produk di Facebook
Kiat Sukses Memasarkan Produk di Facebook

Kiat Sukses Memasarkan Produk di Facebook

Facebook adalah salah satu sosial media yang paling banyak di gunakan, termasuk menjadi salah satu sarana promosi yang sangat potensial, ini terbukti dari jumlah pengguna facebook yang semakin hari semakin bertambah banyak. Facebook fanpage yang dipakai untuk sekedar promosi hingga untuk berjualanpun kini sudah bukan satu atau dua saja, sudah banyak sekali, dan bahkan tidak terhitung, itu semua karena membuat fanpage atau halaman facebook sangat mudah dan juga gratis.

Strategi Jualan Melalui Facebook

Tips peluang usaha jualan di Facebook

Biasanya facebook sering digunakan oleh para pemula yang akan memulai bisnis online mereka, atau bahkan mereka belum mempunyai sbuah toko online atau webiste. Nah untuk itu disini saya akan memberikan beberapa kiat atau strategi yang perlu anda ketahui untuk menjalankan facebook marketing.

1. Membangun Brand

Membangun brand adalah salah satu langkah yang anda harus pahami saat berjualan di facebook, dengan memperkenalkan merek produk anda kepada masyarakat. Jika anda ingin branding, anda bisa menggunakan akun dengan menggunakan nama produk dari pada menggunakan akun pribadi untuk berjualan.

2. Memiliki Sistem Transaksi Yang Matang

Saat anda ingin menjalankan bisnis anda tentunya anda harus memiliki sistem transaksi yang baik dan benar, seperti proses order, setelah, orderan masuk, lalu bagaimana transaksinya, hingga bagaimana sistem pengiriman barang kepada konsumen.

3. Memperhatikan Hal Teknis

Mengoreksi hal-hal yang berhubungan dengan teknis adalah sikap yang bijak, seperti :

a. Alamat URL facebok Anda menjadi http://facebook .com/namatoko
b. Privasi foto menjadi public
c. Menampilkan gambar produk sebaik mungkin
d. Sertakan harga dan juga spesifikasi barang, dan masih banyak lagi.

4. Memahami Etika Berjualan

Etika saat berjualan harus kita jaga, baik itu saat berjualan online maupun offline, semua tidak ada yang berbeda, yaitu menghargai calon pembeli, sehingga tidak ada orang yang merasa terganggu dengan keberadaan kita. Jangan pernah mengganggu newsfeed friendlist dengan macam – macam intervensi. Penjual yang sukses adalah penjual yang mengerti etika dan pandai beramah tamah dengan calon pembeli.

5. Teliti Memilih Target Market

Kita mungkin sering menemukan seseorang yang menjadi pelaku bisnis sedang mempromosikan produknya dengan melakukan tag foto kepada akun kita atau sembarang orang. Padahal kita juga tahu bahwa tidak semua orang suka di tag. Dan itu juga bisa mempengaruhi kualitas anda sebagai pebisnis. Ada baiknya anda melakukan tag hanya pada orang yang benar – benar memintanya. Jika produk yang Anda jual bagus, pastinya akan banyak orang yang tertarik dengan update Anda. Teliti memilih target pasar adalah hal yang sangat penting.

6. Lebih eksklusif? Gunakan Fans Page

Menggunakan akun personal memang tidak salah, tetapi jika anda menggunakan fanpage anda bisa mendapatkan fitur – fitur yang tidak ada di akun personal seperti jumlah fans yang tidak terhingga, bisa mengirimkan update kepada seluruh fans anda, dan lain fitur- fitur liannya. Jadi kenapa masuk menggunakan akun personal.

7. Facebook Adalah Viral Marketing

Facebook bisa menjadi media yang membuat produk anda menyebar luas dengan cepat, jadi pergunakanlah media ini dengan sebaik – baiknya. Karena saat salah seorang konsumen anda puasa dengan produk anda, tentunya dia akan merekomendasikan hal yang positif kepada calon konsumen yang lainnya. Begitu juga sebaliknya jika anda melakukan penipuan atau semacamnya, maka berita mengenai anda akan menyebar luas dengan cepat juga, maka dari itu pergunakanlah dengan baik.

Jika anda menginginkan bisnis dalam jangka waktu yang panjang sebaiknya gunakan website sendiri, namun jika anda menginginkan jangka waktu yang sebentar media facebook bisa menjadi alternatif. Maka didalam menjalankannya anda haruslah mempertimbangkan dengan sebaik – baiknya. Semoga bermanfaat dan salam sukses!