Home | Uncategorized | Beberapa Anggapan dan MitosTentang Detoks

Beberapa Anggapan dan MitosTentang Detoks

Mungkin kita terkadang merasakan kelelahan setelah melakukan aktifitas atau bahkan setelah liburan. Banyak orang melakukan detoks untuk mengembalikan kesegaran tubuh mereka.
cara cepat menurunkan berat badan
Menurut pemilik lembaga diet, yakni seorang pemerhati nutrisi Lara Metz, MS, RD, CDN mengungkapkan bahwa banyak orang ternyata melakukan diet detoks namun dengan cara yang kurang tepat. Sehingga tentu hasil yang di dapat kurang maksimal.
Namun disisi lain ada suatu anggapan tentang mitos detoks. Berkuta beberapa mitos tersebut.
Mitos 1: bantuan dari luar, untuk tubuh melakukan detoksifikasi
Racun dalam tubuh dapat berasl dari lingkungan, makanan, serta air dan udara. Hal itulah yang menjadi penyumbang utama racun dalam tubuh. Tubuh meiliki kemampuan untuk bisa membuang racun sendiri. Namun banyak orang beranggapan bahwa untuk mengeluarkan racun harus makan atau minum tertentu.
Padahal sebenarnya ginjal mampu mengerjakan tugasnya sendiri dalam melakukan proses membuang racun dari dalam tubuh. Serta usus yang secara alami dapat mengeluarkan kotoran dengan sendirinya melalui feses ketika kita BAB.
Hal yang harus kita lakukan adalah membuat organ-organ itu tetap bersih dan sehat dengan cara yang tepat. Yaitu makan yang bergizi serta banyak berolahraga. Dan tentu disertai tidur yang cukup. Hal itu yang dapat membantu tubuh berfungsi secara optimal.
Mitos 2: Hanya di bolehkan makan sayur dan buah bila ingin berhasil
Nutrisi yang dibutuhkan tubuh adalah karbohidrat, vitamin, protein serta serat yang cukup untuk membantu tubuh melakukan detoks secara efektif.
Karbohidrat berfungsi untuk member energi dan membentuk kekuatan fisik serta tenaga. Sedangkan protein akan menguatklan otot serta meberikan efek kenyang serta serat dan vitamin mampu memberikan antioksidan sebagai penangkal racun. Serta dapat membuat kulit sehat.
Namun ketika salah satu nutrisi itu hilang, maka dalam diet detoks tentu juga kurang optimal. Singkatnya, 3 nutrisi penting itu harus selalu ada dalam konsumsi kita setiap hari. Karena itu merupakan nutrisi terbaik untuk tubuh.
Mitos 3: Kunci sukses detoks adalah minum jus buah & sayur
Memang benar, bila kita banyak mengkonsumsi banyak sayur dan buah, maka kerja detoks tubuh kita pun akan optimal dan berjalan sempurna.
Namun ada anggapan lain yang di tuturkan oleh Metz bahwa ada cara yang salah ketika kita membuat jus, namun ampas yang sebenarnya mengandung serat itu, justru kita saring dan kita buang. Sehingga sebenarnya kita justru membuang serat yang baik untuk tubuh kita dari manfaat buah dan sayur tersebut.
Metz justru mengatakan bahwa kandungan serat terbaik ada di antara kuit buah dan dagingnya. Seta pada ampas sayuran. Bila anda membuat jus seharusnya tak perlu di saring. Karena agar tidak menghilangkan ampasnya. Atau lebih baik memakannya secara langsung akan jauh lebih praktis dan baik.

Jajang Yusup
Internet marketing expert and seo consultant